Tips Menjaga Fokus Berkendara Selama Puasa !

Selamat menunaikan ibadah puasa. Selama satu bulan penuh semua umat muslim menjalani puasa ramadhan. Aktivitas sehari-hari tentunya tetap harus dijalani seperti biasa, menjaga imun tubuh agar tetap fit sangat diperlukan, apalagi dalam kondisi pandemi yang belum juga berlalu. Selama bulan ramadhan ini, lalu lintas di jam masuk dan pulang kerja sudah dipastikan akan selalu padat karena semua orang ingin cepat sampai dirumah untuk bisa quality time buka puasa bersama dengan keluarga. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian untuk seluruh pengemudi.

Berikut tips berkendara selama puasa agar tetap aman dan selamat sampai tujuan: 

  1. Mempersiapkan kendaraan H-1 sebelum berangkat 

Usahakan menyiapkan kendaraan satu hari sebelum berangkat untuk menghindari kelelahan selama berpuasa, mulai dari pengecekan mesin kendaraan, pengecekan ban, kelengkapan APD, dan persiapan lainnya. 

  1. Penuhi asupan yang cukup ketika sahur 

Memenuhi kebutuhan makanan dan minuman ketika sahur adalah hal yang sangat penting, karena kita akan berpuasa selama 12 jam usahakan sahur dengan makan yang sehat dan bergizi seperti mengkonsumsi sayur mayur, lauk yang mengandung protein dan juga tidak lupa mengkonsumsi buah-buahan, serta penuhi kebutuhan hidrasi dengan meminum air mineral yang cukup. 

  1. Istirahat yang cukup 

Setelah menjalani ibadah puasa sehari full tubuh harus istirahat yang cukup minimal tidur 6-8 jam untuk orang dewasa.

  1. Memulai perjalanan lebih awal untuk menghindari kemacetan 

Untuk beberapa perusahaan membuat kebijakan penyesuaian jam kerja selama bulan ramadhan agar karyawannya bisa sampai rumah sebelum waktu buka puasa, seperti yang diterapkan oleh DMS, penyesuaian jam kerja diberlakukan untuk seluruh karyawan jam pulang lebih awal agar karyawan bisa menikmati buka puasa dirumah bersama keluarga. 

  1. Perhatikan rute perjalanan 

Sebelum berkendara ada baiknya untuk mengecek kondisi lalu lintas. Misalnya, dengan membuka aplikasi Google Maps atau Waze untuk melihat titik-titik kemacetan agar dapat menghindar dan memilih jalan alternatif lain. 

  1. Berpikir positif dan kendalikan emosi dengan baik

Selama berpuasa selain menahan lapar dan haus kita juga harus bisa menahan emosi, berpuasa sama dengan melatih kesabaran. Saat kita sedang dalam perjalanan dan dihadapi oleh kepadatan lalu lintas biasanya emosi akan muncul terlebih jika ada pengendara lain yang menyerobot jalan atau bahkan melawan arus yang menyebabkan timbulnya kemacetan. Hal yang perlu kita lakukan jika terjebak macet adalah sabar, karena emosi hanya akan menguras energi dan membuat tubuh makin terasa lelah. 

Nah, itu dia tips mengemudi selama menjalankan puasa dari DMS, semoga kita semua diberkahi selama ramadhan ini, stay safe.. stay healthy..

Salam, 

DMS

By | 2021-04-15T10:06:31+07:00 April 15th, 2021|News|0 Comments

Leave A Comment

error: This content is protected, you dont have permission to copy or distributed without our permission!