Berkendara Sehat dan Aman untuk Pengendara Truk

Hingga tahun 2021 ini Indonesia belum bisa terbebas dari pandemi Covid-19 bahkan hingga pertengahan Januari kasus positif Covid-19 sudah menginjak angka lebih dari 11.000 kasus. Sejak pembatasan sosial masyarakat di terapkan hampir semua berfokus pada angkutan penumpang, baik pembatasan jumlah penumpang, larangan menggunakan kendaraan umum higga tips merawat kendaraan. Padahal pada kondisi darurat seperti ini masih banyak pengemudi angkutan barang yang harus tetap berjuang melawan pandemi selama perjalanan untuk mendistribusikan kebutuhan logistik di berbagai wilayah Indonesia.

Tugas mereka tentunya sangat berat. Selain harus memperhatikan kondisi kendaraan, para pengemudi juga harus menjaga kondisi kesehatan fisik. Kondisi tubuh yang tidak prima dapat menyebabkan kelelahan, tertular penyakit atau virus, hingga kehilangan konsentrasi yang dapat memicu terjadinya kecelakaan di perjalanan.

Berikut beberapa tips bagi pengemudi truk untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh :

  • Gunakan selalu masker dan APD pendukung lain

Hal yang paling penting agar tidak terpapar virus Covid-19 selama perjalanan adalah dengan selalu menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya seperti face shield, sarung tangan, dan tidak lupa membawa hand sanitizer

 

DMS selalu melengkapi Safety Kits untuk seluruh pengemudi
  • Tidur dan istirahat yang cukup

Di kejar waktu kadang membuat pengemudi truk harus mengorbankan waktu istirahatnya. Padahal, mereka harus beristirahat yang cukup yaitu tidur selama 7-8 jam untuk mengembalikan tubuh dalam kondisi prima agar tidak mengantuk selama perjalanan.

  • Kurangi Ngopi sebelum berkendara

Mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein dapat memberikan efek prima sesaat karena dengan mengkonsumsi kafein membuat jantung bekerja lebih kencang dan membuat peredaran darah lancar. Namun, jika efek kafein tersebut habis tubuh akan bereaksi merasa letih, kurang konsentrasi, dan juga dehidrasi. Untuk itu, perbanyaklah minum air mineral untuk menjaga konsentrasi dan kesehatan tubuh.

  • Jaga selalu kebersihan

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan. Kebersihan diri sendiri dan juga kendaraan. Kendaraan harus di bersihkan secara berkala dan lakukan penyemprotan disinfektan pada bagian kendaan tertentu seperti, jok mobil, stir, pegangan pintu dll,

Terakhir, DMS menghimbau untuk seluruh pembaca untuk selalu menjaga kebersihan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara berkala untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Ayo kita pasti bisa melewati masa pandemi ini!

By | 2021-01-20T14:30:56+07:00 January 20th, 2021|News|0 Comments

Leave A Comment

error: This content is protected, you dont have permission to copy or distributed without our permission!